Pendidikan Berbasis Kemulian Diri Untuk Menyongsong Abad 21 (Post-milenial)

Pendidikan Berbasis Kemulian Diri Untuk Menyongsong Abad 21 (Post-milenial)

Bismillah…
Salam BERKAH buat semua
Pendidikan Berbasis Kemulian Diri Untuk
Menyongsong Abad 21(Post-milenial)
Para orang tua  belakangan ini  mulai galau, bagaimana menyiapkan pendidikan bagi putra-putrinya? Sekolah mana yang cocok  untuk dipilih bagi masa depan putra/i di abad ini?
Perubahan generasi di abad ini begitu cepat dengan pesatnya perubahan teknologi informasi yang begitu dahsyat pada dekade terakhir ini , tren-nya  akan terus meningkat yang berdampak akan terjadi problem generasi. Hal ini ditandai dengan lahirnya istilah generasi X, Y dan Z , sebentar lagi akan lahir generasi Alpha. Pada masing-masing tahapan generasi tersebut  memiliki karakteristik dan keunikan sendiri baik positif maupun berdampak negatif.
Sekarang ini para orang tua dituntut lebih selektif, bagaimana memilih sekolah yang sistem pendidikannya mampu beradaptasi serta mengantisipasi perkembangan zaman dengan tidak melupakan  pondasi pemahaman agama yang kuat.
Ada 4 (empat) kemahiran yang dibutuhkan pada  struktur kurikulum pada sistem pendidikan abad ini, yaitu:
(1) Kemahiran Ibadah (worship skills) 
      *Beraqidah kuat,  melakukan amalan syar’i , selalu taat dan sungguh-sungguh
(2) Kemahiran Kehidupan  (life skills)
       *kepemimpinan, ketrampilan sosial, inisiatif dan fleksibel.
(3) Kemahiran Pembelajaran (learning skills)
      * berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi
(4) Kemahiran Literasi ( literacy skills)
       * informasi, media, dan teknologi.
Untuk mampu mengaplikasikan pembelajaran   agar anak didik meraih empat kemahiran tersebut, pilihannya adalah sistem pendidikan berbasis kepesantrenan. Dalam pola kepesantrenan anak-anak terjaga selama 24 jam yang akan berdampak pada : mudah diajari,  mudah diarahkan, mudah dilatih, mudah dinasehati dan mudah dibimbing. Hasilnya anak akan cerdas berilmu, berakhlak sekaligus religius.
Melalui sinergi dan kolaborasi yang serius dengan berbagai kalangan para ahli pendidikan, Alumni ITB & Al Azhar Cairo dan perguruan tinggi ternama lainnya, kini Al Kautsar 561 telah bertekad dan melakukan usaha nyata dengan telah berkibarnya sekolah unggul yakni *SMP QURANIC SCIENCE  BOARDING SCHOOL*.  Sekolah yang memiliki keunikan  dengan  perpaduan SAINS – AGAMA dan muatan Leadership Skill siap menyonsong kebangkitan umat di abad 21 ini . Sekolah yang belum genap satu tahun ini kini telah membuktikan dirinya dengan prestasi siswa yang  telah diraih yaitu merebut kejuaran pada bidang akademik. Selain itu para siswa memiliki keunggulan komperatif pada berbagai bidang kemahiran dengan berbagai program unggulan sekolah, yaitu:
*  Science Project
English & Arabic
Tahfizh AlQuran
Information Technology Project (Game, Pemrogramman, Animation & Robotic).
AL KAUTSAR 561 siap membangun INSAN MULIA : *Siswa yang memiliki kecerdasan yang terus dikembangkan. Selalu enerjik, berpikir logis dan kritis serta kreatif, dan berbahagia berbagi. Senantiasa mengejar prestasi. Mampu beradaptasi dengan zaman dan lingkungannya. Taat beribadah dan selalu melakukan kebaikan dan bermanfaat bagi yang lain akan bahagia dunia dan akhirat*.
*Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam. Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan*
(QS Al Israa :70)
Demikian semoga sistem pendidikan yang kami gagas ini menjadi terobosan baru dalam memenuhi kebutuhan akan pendidikan paripurna (kaffah) dalam menyosongsong masa depan generasi muda  dengan prestasi gemilang.

Leave a Reply